Diberdayakan oleh Blogger.

Follow us on facebook

Text Widget

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Contact Us

Pages

Download

Popular Posts

Find Us

Recent

Comment

Selasa, 08 Maret 2016

Artikel:

Sejarah Software Engineering dan Rekayasa Perangkat Lunak

Sejarah Software Engineering



Istilah software engineering digunakan pertama kali pada akhir 1950-an dan awal 1960-an. Saat itu, masih terdapat perdebatan tajam mengenai aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak. Pada tahun 1968 dan 1969, komite sains NATO mensponsori dua konferensi tentang rekayasa perangkat lunak, yang memberikan dampak kuat terhadap pengembangan rekayasa perangkat lunak. Banyak yang menganggap dua konferensi inilah yang menandai awal resmi profesi rekayasa perangkat lunak.

Tujuan yang akan di capai dari software Engineering adalah meliputi 3 macam yaitu:
1.  waktu : Bagaimana suatu Perangkat Lunak dapat menghasilkan Kinerja Yang Tinggi Dalam Waktu yang Tepat
2. Biaya : Bagaimana Menghasilkan Perangkat Lunak Yang Biaya Produksi Dan perawatannya yang rendah
3. Kinerja : Bagamana  Perangkat Lunaka Dapat Bekerja di Berbagai Platform Yang berbeda


Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak



Istilah Reakayasa Perangkat Lunak (RPL) secara umum disepakati sebagai terjemahan dari istilah Software engineering. Istilah Software Engineering mulai dipopulerkan pada tahun 1968 pada software engineering Conference yang diselenggarakan oleh NATO. Sebagian orang mengartikan RPL hanya sebatas pada bagaimana membuat program komputer. Padahal ada perbedaan yang mendasar antara perangkat lunak (software) dan program komputer.
Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses informasi. Perangkat lunak dapat berupa program atau prosedur. Program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer sedangkan prosedur adalah perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi (O’Brien, 1999).
kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:
1. dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)
2. dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependability)
3. dapat mengikuti keinginan pengguna(robust)
4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
5. dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability).
 Sekian informasi tentang Software Engineering dan Profesi Rekayasa Perangkat Lunak, Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.


                                                                

2 komentar:

  1. Kalau boleh ikut menambahkan dan sedikit meluruskan bahwa yang pertama kali mencetuskan istilah "software engineering" adalah Anthony A. Oettinger tahun 1965 di majalah ACM Communication. Selengkapnya bisa dibaca di artikel Sejarah Otentik Software Engineering http://kivli.com/?p=102

    BalasHapus
  2. Kalau boleh ikut menambahkan dan sedikit meluruskan bahwa yang pertama kali mencetuskan istilah "software engineering" adalah Anthony A. Oettinger tahun 1965 di majalah ACM Communication. Selengkapnya bisa dibaca di artikel Sejarah Otentik Software Engineering http://kivli.com/?p=102

    BalasHapus